Sering merasa sulit berkonsentrasi saat bekerja? Jika hal ini  terjadi, biasanya ada sesuatu yang mengganggu atau membuyarkan fokus  Anda. Salah satu penyebab utama adalah perangkat teknologi, seperti  telepon atau komputer.
Masalahnya, perangkat teknologi sangat  diperlukan untuk menunjang pekerjaan. Tapi, bukan berarti problem ini  tak bisa siasati. Ini cara yang bisa dilakukan agar konsentrasi Anda  tidak terganggu saat bekerja.
1. Pesan dari komputer 
Saat  bekerja, ada beberapa gangguan yang bisa muncul dari komputer Anda.  Salah satunya, computer alert atau pesan dari komputer yang  'memberitahu' Anda, adanya email, tweet, atau chatting.
Jika  speaker di komputer Anda dinyalakan, biasanya akan terdengar suara,  seperti 'ting' atau 'ding' ketika ada pesan baru untuk Anda. Atau,  bahkan ada penggalan kalimat atau isi pesan yang muncul di komputer  Anda. Nah, hal-hal inilah yang bisa langsung membuyarkan konsentrasi  Anda.
Solusinya, matikan suara speaker di komputer Anda agar tidak terganggu, dan bisa tetap fokus menyelesaikan tugas.
2. Telepon
Jika  Anda mendapatkan banyak telepon dan kesulitan mengabaikan panggilan  saat fokus bekerja,  sebaiknya matikan volume dering telepon. Sisihkan  waktu tertentu di waktu makan siang untuk menghubungi atau membalas  pesan dari panggilan yang tak sempat Anda terima.
3. Tak membuat daftar dan membuat rencana 
Seringkali  konsentrasi kerja terganggu ketika Anda tak memiliki target kerja dan  strategi untuk mewujudkannya. Padahal dengan rencana kerja yang telah  disusun bisa membuat Anda lebih fokus dan bisa menyelesaikan pekerjaan  tepat waktu. Maka itu, mulailah menyusun jadwal atau rencana kerja Anda  dengan baik.
4. Meja berantakan
Lembaran  kertas yang terlihat berantakan di atas meja juga bisa membuyarkan  konsentrasi. Jika Anda punya banyak kertas atau benda-benda tidak  penting di atas meja, sebaiknya dirapikan terlebih dulu sebelum memulai  pekerjaan.
5. Kesibukan rutin
Ketika tubuh  dan lingkungan kerja terasa stagnan, pikiran Anda bisa sulit fokus ke  pekerjaan. Cobalah istirahat sejenak untuk meningkatkan energi dan  membuat Anda kembali fokus bekerja.
6. Lingkungan 
Jika  ruang kerja Anda dipenuhi banyak orang yang menimbulkan banyak suara,  tentu hal ini bisa mengganggu pekerjaan. Apalagi bila Anda tipe pekerja  yang bisa serius dalam suasana tenang.
Jika hal ini terjadi,  jangan diam saja. Anda bisa mengungkapkan hal ini pada atasan, dan  meminta ruang kerja yang lebih tenang. Ungkapkan juga, jika pekerjaan  Anda bisa selesai tepat waktu dan memuaskan, tentu juga akan  menguntungkan perusahaan. (sj)             • VIVAnews
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar