Sabtu, 21 Agustus 2010

Arab Saudi butuh 30 ribu tenaga perawat

Timur Tengah khususnya Arab Saudi membutuhkan banyak tenaga kerja di sektor formal khsusunya perawat di rumah sakit. "Ada sekitar 30 ribu peluang kerja untuk TKI perawat yang ditawarkan pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia," kata Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Mohomad Jumhur Hidayat.

"Diharapkan peluang ini salah satunya dipersiapkan oleh tenaga-tenaga perawat asal Sumatra Selatan," jelas Jumhur di hadapan Wakil Gubernur Sumsel Eddy Yusuf, Jumat (20/8) siang. Jumhur tak muluk-muluk semua tenaga perawat berasal dari Sumsel. "Kalau dari Sumsel dapat ditempatkan 1.000 perawat saja itu sudah bagus sekali," ujar Jumhur.

Lebih jauh Jumhur mengatakan, peluang kerja untuk tenaga perawat disampaikan langsung Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Abdurrahman Al Khayyath dalam pertemuan khusus dengan BNP2TKI. Arab Saudi juga menghendaki, porsi sebagain besar perawat medis dapat diisi dari Indonesia yang punya persamaan kultur beragama dengan masyarakat Arab.

"Sekarang ini sektor perawat hanya dikuasai tenaga perawat asal Filipina," ujar Jumhur. Sementara itu, lanjutnya, gaji bagi tenaga perawat di Arab Saudi berkisar Rp 8-17 juta per bulan. "Dari kisaran gaji tersebut, perawat di rumah sakit pemerintah mendapatkan lebih besar dibanding yang bekerja di rumah sakit swasta," tambah Jumhur.

Jumhur juga mengajak Pemprov Sumsel mempersiapkan kerja sama proses penempatan tenaga perawat rumah sakit di Timur Tengah dalam bentuk pelatihan dan bahasa Inggris. "Kita perlu melatih calon TKI perawatnya setidaknya 4-6 bulan, terutama terkait kemampuan berbahasa Inggris sebagaimana diperlukan oleh pihak Arab Saudi," katanya.

Menyambut tawaran Jumhur, Eddy mengaku senang dan berjanji segera menindaklanjuti program penempatan TKI perawat. "Mengenai persiapannya kami akan tugaskan Dinas Tenaga Kerja Provinsi untuk bersama-sama unit kerja BNP2TKI yaitu Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI Palembang merumuskan mekanisme pelaksanaannya," kata Eddy.(JUM)

Liputan6.com

Tidak ada komentar:

SMS Gratis

On - Line

.

Globe

Selamat Datang di Information Plus, Blognya informasi saat ini.