Bagaimana karakter rekan-rekan kerja Anda? Mungkin tidak semua baik dan  menyenangkan. Biasanya di suatu tempat, di mana pun kita berada, selalu  saja ada orang yang perilakunya menjengkelkan dan bikin bĂȘte. Kalau kita  tidak menjadi korban, mungkin tidak masalah. Tapi bagaimana kalau kita  yang menjadi sasaran?
Banyak ragam perilaku menjengkelkan di  kantor. Mulai dari suka mencari muka kepada atasan, senang mengadu  domba, senang memanfaatkan demi kepentingan pribadi, dan sebagainya.  Menghadapi orang-orang seperti ini memang tidak mudah, karenanya agar  keberadaan orang-orang ini tidak mengganggu kita sehingga kita tetap  nyaman bekerja, berikut tipsnya;
• Memahami alasannya
Banyak  faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter seseorang. Selain sifat  dasar yang diberikan Tuhan sejak lahir, kondisi keluarga dan lingkungan  juga sangat berperan besar dalam pembentukan tersebut.
Karenanya  berusahalah memahami alasan kenapa si individu bisa berprilaku  demikian. Tidak jarang mereka yang suka mencari perhatian biasanya  karena sejak kecil memang kurang diperhatikan keluarga maupun  lingkungan. Orang-orang seperti ini 'haus' perhatian maupun perhargaan.  Jika memahami hal ini, kita cenderung untuk berempati terhadap dirinya.
• Anda bebas bereaksi
Salah  satu ciri seseorang dianggap dewasa apabila ia mampu mengendalikan diri  dan emosi ketika menghadapi sebuah masalah. Kekuatan ini lahir dari  mereka yang sudah memiliki prinsip dan menemukan nilai-nilai dalam  hidupnya.
Oleh karenanya mereka bebas memilih respon dari setiap  stimulus yang datang dari luar dirinya. Sama halnya dalam menghadapi  rekan kerja menjengkelkan, Anda bebas untuk memilih respon. Entah itu,  mau ikut marah, diam atau bahkan berterima kasih karena belajar sesuatu  dari kejadian tersebut. Tidak jarang mereka yang sudah bebas ini dapat  tersenyum ketika 'cobaan' datang padanya.
Selamat mencoba, karena hasil akhir yang berkualitas dimulai dengan implementasi yang berkualitas (Quality Implementation /QI).
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar